Selasa, Juni 26, 2012

Detik-detik Sidang Penulisan Ilmiah a.k.a sidang PI a.k.a Sidang Setara Sarjana Muda



Tanggal 22 Juni 2012 adalah tanggal bersejarah bagi saya (biar formal :D) dalam masa kuliah di Universitas Gunadarma. Ternyata sidang yang ditunggu-tunggu selama 3 tahun kuliah tiba juga. Dengan hati yang berdebar gw jalanin untuk dapet kelulusan sidang PI. Oia sebelumnya gw akan sedikit menjelaskan apa itu PI, binatang kah? Hadiah kah? Jurnal kah? Yang jelas adalah berhubungan dengan paper (inget dosen SBD2 nih :D). PI adalah dimana kalian semua khusus anak Universitas Gunadarma yang tingkat 3 semester 6 untuk jenjang S1 menyelesaikan suatu penulisan yang akan menjadikan kalian sebagai lulusan Setara Sarjana Muda . Oke lanjut deh ke sidang PI gw :D .
Sebenernya sidang PI untuk pertama kali itu dibuka tanggal 8 juni 2012, tapi karena gw telat yah jadi kebagian tanggal 22 Juni 2012, dan sebenernya lagi sidang tanggal 22 Juni 2012 itu gak ada, adanya tanggal 29 Juni 2012, alhasil gw bilang deh sama Wali Kelas Tercinta Ibu Febriani, yang langsung telepon ke baak, dan dimajukannn HOREEEEEE :D. 



Tiga hari sebelum sidang perasaan gw biasa aja , tapi pas menjelang H-1 gw tambah males belajar buat sidang besok, belajarnya itu jam 3 pagi hahha, beda sama dulu pernah sidang lomba USB itu deg-degan banget, sidang PI yang buat jadi SSM gk deg-deg an  mungkin karena USB itu dapet 2 juta kali yah kmren gw menang sm si heru hahha, sidang PI gda gregetnya, jadi males.
Tanggal 22 Juni 2012 pun tiba, dari jam 3 belum tidur smpe pagi, karena sidang mulainya jam 9 pagi, gw  brangkat jam 8, dan ternyata kampus D masih sepi, seperti biasa ngungsi di masjid D , solat duha dulu, asikkk (minta pada yang kuasa biar dimudahkan). Dan jam 8 lewat dikit , si Akhmad Fauzi dateng nyamperin dengan muka sumringah. Akhirnya naek ke atas, ke D452, disitu udah ada banyak orang yang gak lain tmn sekelas gw juga hahha. Oia , sidang itu harus pakai baju kemeja putih panjang,sepatu pantofel, celana bahan, sama dasi. Tapi gw gak bawa dasi , dan akhirnya minjem aja hahha. Jam 9 kurang 15 gw ke pinang dlu, kekosan temen gw, secara PI gw berhubungan dengan HP android, dan gw gak punya (Developer kere)  gw pinjem deh ke Shandy Nur Rahmat (temen Bapsi). 

ruang sidang PI D452 :




Lama banget nunggu dosen penguji, dan akhirnya para ksatria penguji datang dari kejauhan, 2 cewe broooo ,,, weewh,, mulai adrenalin hahha,,. Dosen penguji kasih kita absen, dan karena urutan maju sidang udah di rencanakan oleh kelas gw biar jadi selang seling dan nilai kita gk kebanting, ini urutan pertamanya 

1.      Swesti mahardini (android)
2.      Akhmad Fauzi (Web)
3.      Andry Yudha P a.k.a gw (android)
4.      Dinda Prasetia (AR)
5.      Andhika Prakarsa (Android)
6.      Wisnu Sugriwo (Mathlab)
7.      Heru Hartanto (Android)









Yang pertama sih bener dan ternyata , setelahnya berubah, !!! jreng jreng jreng hahha, no panic tapi hahha. Si Swesti masuk dan dia 15 menit keluar, dan ternyata urutan gw adalah ke dua ,,, dengan tampang optimis dan ganteng hahha , minjem dasi dulu sm heru hahha akhirnya gw masuk dan bawa HP 2, slide presentasi 16, dan 4 softcover yang setebel 160 lbr hvs 80 gram per satu softcovernya , beratnya minta ampun.
gw masuk dan ucap salam dulu, dan langsung gw mulai presentasi gw , dan mereka 2 orang  dosen penguji itu gw kasih softcovernya, mereka asik baca paper gw , dan gw pun asik dengan presentasi gw. Tiba- tiba gw diberhentikan…. Masyallah, (mulai naek tuh jantung hahha). Mereka Tanya tentang struktur navigasi gw  dan teorinya, dan sekitar 8 menit Tanya jawab, akhirnya mereka menyudahi presentasi gw. Alhamdulillah, dapetlah gw surat/ kertas dari dosen penguji. 

ini surat nya  : 
 

Senengnya,,,, ternyata 15 menit juga gw disana,, dan giliran temen2 gw deh…sampe akhirnya, selesai sidang jam 12 kurang. Setelah sholat zuhur gw sm tmn gw ke ruangan ibu  Febriani dan dia kasih tau nilainya sidang kita2 SEMPURNA dengan Nilai yang memuaskan, Alhamdulillah LULUS :D


 Oia, ini tips dari gw buat yang maju sidang :
1.      Harus rapi yah,, siapkan smua bahan H-2 sebelum sidang
2.      Slide presentasi gk usah semua di print, gk bakalan kepake tuh
3.      Salam sebelum masuk, karena sikap menentukan juga
4.      Percayalah, kita bisa melalui pertanyaan dosen penguji jika itu PI kita kerjain sendiri
5.      Jujur jika memang dibantu menyusunnya,
6.      Terakhir optimis sidang , tawakal :D

Semoga PI kalian lancar yah, dan saya sangat berterima kasih terutama untuk Ibu Ida Astuti SKom, MMSI (Dosen Pembimbing) dan ibu Febriani SKom,MM yang terus menyemangati untuk menyelesaikan Penulisan Ilmiah ini dan memberi saran untuk Penulisan Ilmiah ini. Grup cucok rumpi dan sahabat saya Akhmad Fauzi dan Heru Hartanto :D,,sukses untuk kita semua

Ada dokumentasi lho , :D
sebelum sidang









sesudah sidang




7 komentar:

Anonim mengatakan...

woah... ternyata di sidang jg yaa PI? saya pikir engga, hehe..
makasih nih buat infonya, jadi ada bayangan buat sidang PI kaya gmna.. ternyata ga lama ya, cm 15 mnt (tp brasa 1 tahun kayanya :p)..
sukses ka buat kuliahnya! smga dimudahkan di tingkat terakhir, amin :D

el Yaza mengatakan...

kaka mau tanya ane gundar jg D3-MI..
kalo PI itu bikin web sebenernya boleh apa egk siy? ada yg blang egk boleh krn terlalu mudah katanya...tp ane pengennya nanti bikin PI nya web... mohon pencerahannya dong... :)

andry yudha prawira mengatakan...

Iyah ada sidang juga pi di gunadarma.. pi sks nya cm 2 tapi udh kyk 6 sks..hhe

oke mksh juga yah aminnn

admin

andry yudha prawira mengatakan...

Owh anak mi yah

blh kok smua tergantung dp..asal kl mao web harus yang dinamis dan bermanfaat..:)

Gw saranin pake framework untuk web nya seperti codeigniter ..pasti blh. krna skrg jaman web berbasis object programing

el Yaza mengatakan...

iya rencana mau bikin web sekolah ane waktu SMP dulu, jadi web SMP ane...
soalnya SMP ane belom punya web..
kalo bikinnya pake XAMPP & dreamweaver kira2 boleh gak ya? jadi database nya pake mysql yg di XAMPP
kalo tergantung DP berarti hoki-hokian jg dong ya? berarti ada kemungkinan ditolak ya klo kita ngajuin web?

kalo boleh tau penguji nya brp org kak? galak ya? nanya2 menjatuhkan gak?

bagi tips2 & trik2 dong kak membuat,menghadapi,& menjalani sidang PI dari awal - akhir..??

hhe :D

Anonim mengatakan...

gan dosen penguji shift 1 (9.00) sma shift 2 (13.00) beda gx ??

Miliana mengatakan...

wah seru sekali yah sepertinya

berita liverpool

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger