Senin, Juni 04, 2012

Rancangan Penelitian


Rancangan penelitian adalah suatu alur yang dibuat untuk memudahkan suatu penelitian. Terdapat beberapa langkah-langkah yang digunakan dalam rancangan penelitian, tetapi  hampir memakai metode seperti ini.  

1.      Tujuan penelitian
2.      Jenis penelitian
3.      Analisa penelitian
4.      Rentang waktu dan tempat penelitian
5.      Teknik pengambilan sampel
6.      Teknik pengumpulan data
7.      Definisi operasional
8.      Pengukuran
9.      Teknik analisis data.
10.   Instrumen pencarian data (mis. Kuesioner)


v  Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian adalah hasil akhir penelitian yang akan dicapai. Berfungsi untuk mengarahkan penelitian agar menjadi tolak ukur penelitian.

v  Jenis penelitian
Jenis penelitian yang banyak dipakai adalah penelitian deskriptif, korelasional, eksperimental. Penelitian deskriptif bertujuan memberikan gambaran fenomena yang diteliti secara apa adanya, namun lengkap dan rinci.

v  Analisis penelitian
Analisa disini adalah untuk membahas komponen dalam penelitian apa saja yang terlibat.

v  Rentang waktu penelitian
  1. One shot or Cross section studies, data dikumpulkan hanya sekali.
  2. Longitudinal studies, data dikumpulkan dalam beberapa periode waktu tertentu. Misalnya untuk meneliti disiplin pegawai, peneliti mengamati perilaku pegawai selama enam bulan
v  Teknik pengambilan sampel
Dua teknik, yaitu sampling probabilistik dan nonproba-bilistik, atau acak dan non-acak. Dalam sampel acak antara lain terdapat simple random sampling, stratified random sampling, area sampling, cluster sampling, systematic sampling. Dalam nonprobabilistic sampling antara lain terdapat accidental sampling, convienience sampling, snow-ball sampling, purposive sampling.

v  Teknik Pengumpulan data
Teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, kuesioner, observasi, dan studi dokumentasi. Sebuah penelitian bisa hanya menggantungkan pada satu cara pengumpulan data, tetapi bisa juga mengkombinasikannya.

v  Definisi operasional variabel penelitian
Bagi penelitian kuantitatif, langkah ini mutlak dilakukan. Yang dimaksud dengan definisi operasional variabel adalah upaya untuk mengurangi keabstrakan konsep atau variabel penelitian, sehingga bisa dilakukan pengukuran. Beberapa peneliti menggunakan istilah indikator.

v  Pengukuran variabel penelitian
Jenis skala pengukuran untuk setiap variabel penelitian perlu diketahui dengan benar. Hal ini berguna untuk menetapkan rumus atau perhitungan-perhitungan statistik.

v  Teknik analisis data
Sebelum data dianalisis, diolah terlebih dahulu. Maka dikenal proses editing, coding, master table, dan lain-lainnya. Analisis data mencakup kegiatan mengukur reliabilitas dan validitas, mean, deviasi standar, korelasi, distribusi frekuensi, uji hipotesis, dan lain sebagainya.

v  Instrumen Pencarian Data
Ada beberapa alat yang dikenal sebagai alat pengambil data dalam penelitian sosial / bisnis. Alat-alat tersebut mencakup wawancara, kuesioner atau angket, observasi, dan studi dokumentasi

Sumber:
http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=rancangan+penelitian&source=web&cd=1&ved=0CFsQFjAA&url=http%3A%2F%2Fusepmulyana.files.wordpress.com%2F2008%2F11%2Francangan-penelitian.doc&ei=dvDFT4TBKoLUrQfDkKS1BQ&usg=AFQjCNEppeoynDU5qiOI0_6Lw1A0lL7JGw 

dengan pengubahan

1 komentar:

Miliana mengatakan...

keren banget kak nice info

surah ar rahman

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger